Search

Bursa Amerika Rebound Kuat oleh Banyaknya Berita Menggembirakan - Vibiznews

(Vibiznews – Index) – Harga saham di bursa saham Amerika di Wall Street bergerak tajam lebih tinggi dan ditutup jauh di zona hijau Kamis (09/04/2020). Indeks utama mencetak keuntungan harian yang terbaik dalam hampir sebulan di tengah harapan lebih banyak stimulus pemerintah dan berita pertambahan kasus baru di Amerika Serikat dan Eropa menurun.

Indeks Dow Jones  melonjak 779,71 poin atau 3,4 persen menjadi 23.433,57, indeks Nasdaq melonjak 203,64 poin atau 2,6 persen menjadi 8.090,90 dan indeks S&P 500 melonjak 90,57 poin atau 3,4 persen menjadi 2.749,98.Penutupan ketiga indeks ini merupakan penutupan tertinggi sejak perdagangan 10 Maret 2020.

Perdagangan saham  mendapat sentimen  dari optimisme investor bahwa beberapa negara yang paling terpukul oleh pandemi coronavirus menunjukkan kurva data terinfeksi yang flat. Data dari Johns Hopkins University menunjukkan kasus koronavirus yang dikonfirmasi di AS telah mencapai lebih dari 400.000, terbanyak di dunia.

Namun, data terbaru dari universitas juga menunjukkan bahwa jumlah kasus baru telah menurun dalam beberapa hari terakhir setelah mencapai puncaknya pada Jumat lalu. Jumlah kasus coronavirus baru juga baru-baru ini menunjukkan penurunan yang signifikan di Italia dan Spanyol.

Menambah sentimen positif, penasihat kesehatan Gedung Putih Dr. Anthony Fauci mengatakan kepada Fox News bahwa AS dapat melihat  awal dari perubahan haluan  setelah  minggu yang buruk untuk kematian minggu ini. Fauci mencatat tingkat kematian menurun dan menunjukkan penurunan jumlah kasus baru dan tingkat rawat inap yang lebih rendah.

Sentimen positif bertambah setelah  Senator Bernie Sanders diberitakan mengundurkan diri  dari kampanyenya untuk pencalonan presiden AS dari Partai Demokrat. Berita ini melegakan investor  yang selama ini khawatir tentang Sosialis Demokrat yang terlihat dalam kebijakannya yang lebih progresif.

Berita baik lagi, DPR AS meluncurkan rencana untuk memasukkan $250 miliar dalam bantuan untuk usaha kecil dan $100 miliar tambahan untuk meningkatkan gaji staf perawatan kesehatan. Selain itu saham-saham energy digembirakan oleh lonjakan harga minyak di tengah optimisme baru tentang kesepakatan OPEC.

Secara sektoral, saham energi menunjukkan pergerakan substansial ke atas dengan Philadelphia Oil Service Index meroket 7,9 persen, sedangkan NYSE Arca Oil Index dan NYSE Arca Natural Gas Index masing-masing melonjak 6,6 persen dan 6,2 persen.

Kekuatan yang signifikan juga terlihat di antara saham-saham perumahan, sebagaimana tercermin oleh lonjakan 7,7 persen oleh Indeks Sektor Perumahan Philadelphia. Saham real estat komersial, kimia, perbankan dan utilitas juga mencetak kekuatan yang cukup besar.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

Let's block ads! (Why?)



"bursa" - Google Berita
April 09, 2020 at 07:18AM
https://ift.tt/39Y5jbc

Bursa Amerika Rebound Kuat oleh Banyaknya Berita Menggembirakan - Vibiznews
"bursa" - Google Berita
https://ift.tt/2Nd6yfP

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bursa Amerika Rebound Kuat oleh Banyaknya Berita Menggembirakan - Vibiznews"

Post a Comment

Powered by Blogger.