Search

Peringkat bursa global: BEI urutan ke 30, masih lebih baik dari bursa IBEX Spanyol - Kontan

Reporter: Azis Husaini, Benedicta Prima | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada pada posisi ke 30 di kancah bursa global secara year to date (ytd). Pada perdagangan Jumat (24/4) ditutup di level 4.496,06 atau melemah 2,12%.

Bila dihitung dalam sepekan, IHSG mampu menguat 3,62%. Namun bila dilihat dari awal tahun, maka IHSG keok 28,63% year to date (ytd).

Baca Juga: IHSG mencatat kinerja terburuk di ASEAN

Tetapi jangan berkecil hati, masih ada di urutan ke 31 adalah bursa PSEi Philipina, ke 32 bursa COLCAP Columbia, urutan ke 33 IBEX Spanyol, urutan ke 34 bursa IBOV Brazil, urutan ke 35 bursa DFMGI UAE, dan terakhir urutan ke 36 adalah bursa ATX Austria.

Head of Research MNC Sekuritas Thendra Crisnanda mengatakan,  berdasarkan data statistik Bursa Efek Indonesia (BEI) IHSG berada diposisi ke-30 di kancah global. Urutan pertama dipegang oleh bursa China (Shanghai) yang hanya melemah 7,92% ytd ke level 2.808,53. Disusul oleh indeks Swiss yang hanya melemah 9,72% ke level 9.584,66.

Thendra menjelaskan Shanghai mengalami penurunan indeks paling tipis karena didukung oleh perkembangan positif yang dilaporkan pemerintah China atas pemulihan yang terjadi lebih awal untuk penderita Covid-19.

Baca Juga: Sepekan dana asing keluar Rp 2,67 triliun, ini saham yang masih diburu asing

China menjadi negara pertama yang dinilai mampu menangani penyebaran Covid-19 ditengah polemik under-reported cas dan menjadi negara pertama yang berhasil melepas lockdown salah satu kotanya yaitu Wuhan.

"Kalau Swiss dapat diperhatikan data angka penyembuhan sebesar 21.000, jauh lebih besar dibandingkan angka kematian sebesar 1.589 berdasarkan data Worldometeres per 25 April 2020," jelas dia.

Baca Juga: Menerka peluang terjadinya sell in may di pasar saham pada bulan depan

Meski ada sentimen positif, tak dapat dipungkiri bahwa hampir seluruh indeks global mengalami pelemahan. Thendra juga memproyeksikan bahwa indeks akan terus melanjutkan tren penurunan.

"Intinya selama belym ada kejelasan terhadap produksi dan penggunaan vaksin Covid-19 dan status negara masih lockdown, indeks global masih akan berfluktuasi dengan melanjutkan tren penurunan," jelas dia.

Dukungan dari Anda akan menambah semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.



Let's block ads! (Why?)



"bursa" - Google Berita
April 26, 2020 at 03:45PM
https://ift.tt/3eTHc0T

Peringkat bursa global: BEI urutan ke 30, masih lebih baik dari bursa IBEX Spanyol - Kontan
"bursa" - Google Berita
https://ift.tt/2Nd6yfP

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Peringkat bursa global: BEI urutan ke 30, masih lebih baik dari bursa IBEX Spanyol - Kontan"

Post a Comment

Powered by Blogger.