Search

Selain Faktor Covid-19, Ini Penyebab Transaksi Harian di Bursa Saham Turun - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — Rata-rata nilai transaksi harian di Bursa Efek Indonesia menyusut dibandingkan tahun lalu. Adapun penurunan dinilai bukan hanya karena pandemi Covid-19..

Mengacu pada data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), rata-rata nilai transaksi harian tercatat senilai Rp6,95 triliun hingga awal April 2020. Nilai tersebut cukup jauh jika dibandingkan rata-rata nilai transaksi pada 2019 lalu yakni Rp9,13 triliun. 

Kepala Riset Samuel Sekuritas Suria Dharma mengatakan tren penurunan rata-rata nilai transaksi ini sudah mulai terlihat sejak akhir 2019. Pasalnya, saat itu tengah ramai kasus yang menyeret sejumlah institusi pasar modal.

“Itu membuat banyak saham yang biasanya ditransaksikan di market, sekarang tidak ada. Nggak bisa dipungkiri itu mengurangi transaksi. [Saham] yang katanya gorengan-gorengan itu,” ujarnya kepada Bisnis, Senin (20/4/2020)

Selain itu, tambah Suria, hal tersebut membuat kepercayaan investor terhadap pasar modal Indonesia berkurang dan menahan diri untuk masuk ke pasar saham. Kemudian, kondisi diperparah dengan datangnya wabah corona alias Covid-19 yang membuat harga saham anjlok.

Kendati harga saham terus tertekan karena sentimen Covid-19, Suria menyebut kebanyakan investor masih sangat berhati-hati untuk memanfaatkan momentum ini untuk mulai berbelanja portofolio dan tidak akan terlalu banyak bertransaksi. 

Dia memperkirakan setidaknya hingga tengah tahun nilai transaksi masih akan turun, bahkan besar kemungkinan hingga kuartal ketiga tahun ini. Meskipun dia menyebut pada kuartal terakhir tahun ini masih ada kemungkinan untuk membaik.

“Itu kalau pertengahan tahun Covid sudah reda, tapi kan seluruh aspek terganggu. Q4 mungkin bisa rebound, tapi tidak akan mampu menutup penurunan [sepanjang tahun],” imbuhnya.

Melihat rata-rata nilai transaksi hingga saat ini, Suria memproyeksikan rata-rata nilai transaksi di pasar modal hingga akhir tahun nanti akan berada di kisaran Rp7 triliun. 

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Let's block ads! (Why?)



"bursa" - Google Berita
April 21, 2020 at 05:11AM
https://ift.tt/2VO3jNT

Selain Faktor Covid-19, Ini Penyebab Transaksi Harian di Bursa Saham Turun - Bisnis.com
"bursa" - Google Berita
https://ift.tt/2Nd6yfP

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Selain Faktor Covid-19, Ini Penyebab Transaksi Harian di Bursa Saham Turun - Bisnis.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.