Search

Bursa Eropa Mixed Mencermati Berbagai Sentimen - Vibiznews

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa bergerak mixed Kamis (23/04) akibat pandemi coronavirus dan harga minyak tetap menjadi fokus bagi para investor, sementara pendapatan perusahaan yang menjanjikan diimbangi oleh data ekonomi yang lemah.

Indeks Stoxx 600 Eropa bergerak dekat garis datar, setelah data ekonomi yang keluar dari zona Eropa menunjukkan rekor penurunan akibat krisis coronavirus. Saham minyak dan gas melonjak 2,6% setelah harga minyak tampak stabil, sementara telekomunikasi tenggelam 1,2% lebih rendah.

Indeks FTSE turun tipis -0,03%. Indeks DAX melemah -0,25%. Indeks CAC 40 naik 0,23%.

Harga minyak yang merupakan indikator kesehatan ekonomi dan permintaan global, tetap menjadi titik fokus bagi para investor meskipun harga naik Rabu dari kemerosotan dramatis yang terlihat awal pekan ini, karena muncul tanda-tanda bahwa produsen mengurangi produksi.

Pandemi virus korona tetap menjadi perhatian utama bagi investor dengan sekitar 2,6 juta kasus yang dikonfirmasi di seluruh dunia dan lebih dari 183.000 kematian.

Aktivitas bisnis zona Eropa merosot ke rekor terendah pada bulan April, menyoroti kerusakan ekonomi parah yang ditimbulkan oleh pandemi coronavirus di seluruh blok.

Indeks Manajer Pembelian Markit IHS, yang mengukur industri jasa dan manufaktur, turun menjadi 13,5 pada bulan April, menurut data awal. Pada bulan Maret, indeks yang sama telah mencatat penurunan bulanan tunggal terbesarnya menjadi 29,7. Kontraksi dalam angka PMI – angka di bawah 50 – menunjukkan kemungkinan penurunan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

PMI komposit April Perancis turun menjadi 11,2 dari 28,9 pada Maret, menandai pembacaan terendah sejak benchmark dimulai pada 1998. Jerman mengalami nasib yang sama, jatuh dari 35,0 pada Maret menjadi 17,1 pada April, juga rekor terendah.

Penghasilan tetap menjadi pendorong utama sentimen pasar di Eropa, dengan banyak korporasi besar melaporkan Kamis.

Credit Suisse membukukan lonjakan 75% dalam laba bersih kuartal pertama dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dengan laba bersih 1,31 miliar franc Swiss. Pemberi pinjaman Swiss juga menyisihkan 568 juta franc Swiss untuk potensi kerugian kredit karena pandemi coronavirus. Saham Credit Suisse naik 1,5% pada awal perdagangan.

Renault melaporkan penurunan 19,2% dalam pendapatan kuartal pertama tetapi mengatakan itu terlalu dini untuk mengukur dampak krisis virus corona terhadap pendapatan tahun ini. Pembuat mobil Perancis diharapkan untuk memperbarui investor pada aliansinya dengan mitra Jepang Nissan pada tengah hari. Saham Renault naik 1,7%.

Pengecer perjalanan Swiss Dufry melonjak 9,4% untuk memimpin Stoxx 600 setelah menguraikan rencana untuk memperkuat struktur modalnya. Di ujung lain dari patokan Eropa, perusahaan jasa keuangan Inggris Legal & General anjlok 6,9% setelah Deutsche Bank memangkas target harganya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak mixed dengan adanya tarik menarik sentimen pandemi coronavirus dengan harga minyak. Namun jika data jobless claim AS meningkat dapat menekan bursa AS yang bisa juga mempengaruhi bursa Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

Let's block ads! (Why?)



"bursa" - Google Berita
April 23, 2020 at 07:50PM
https://ift.tt/35aVsOJ

Bursa Eropa Mixed Mencermati Berbagai Sentimen - Vibiznews
"bursa" - Google Berita
https://ift.tt/2Nd6yfP

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bursa Eropa Mixed Mencermati Berbagai Sentimen - Vibiznews"

Post a Comment

Powered by Blogger.