Search

Optimisme Pudar, Bursa Eropa Dibuka Melemah - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa saham Eropa memerah pada pembukaan perdagangan Rabu (8/4/2020), menyusul masih panjangnya jalan menuju selesainya pandemi virus COVID-19. Indeks Stoxx 600, yang berisikan 600 saham unggulan di Benua Biru, tertekan 1% di pembukaan. 

Indeks saham sektor minyak dan gas memimpin koreksi dengan melemah 2,7%, sedangkan indeks sektor teknologi berusaha melaju di zona hijau dengan menguat tipis 0,3%. Beberapa saham yang anjlok di antaranya saham asuransi Inggris Aviva yang anjlok lebih dari 8%, bersama perusahaan Norwegia TGS Nopec.

Selang 30 menit kemudian, koreksi Stoxx 600 agak berkurang menjadi 2,66 poin (-0,81%) ke 323,95. Di sisi lain indeks FTSE Inggris turun 56,69 poin (-0,99%) ke 5.647,76, indeks DAX Jerman terkoreksi 62,74 poin (-0,61%) ke 10.293,96 dan CAC Prancis drop 64,98 poin (-1,46%) ke 4.373,29.

Pasar global sempat dilanda optimisme menyusul sinyal perlambatan penyebaran virus corona strain baru. Namun kini, mereka mendapati kenyataan bahwa wabah pandemi ini masih jauh dari kata usai.

Terlebih, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dikabarkan masuk ke ruang gawat darurat untuk menjalani perawatan menyusul memburuknya kondisi kesehatannya. Fakta ini mengirim pesan bahwa tidak ada yang kebal dari virus tersebut.

Kondisi kian tak menentu setelah Presiden AS Donald Trump pada Selasa mengutuk Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) karena salah dalam "berbagai aspek" penanganan pandemi COVID-19 dan mengancam menarik sumbangannya ke organisasi itu.

Bursa saham di Asia Pasifik bergerak variatif. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada Selasa mengumumkan situasi darurat untuk mengatasi wabah tersebut di pusat-pusat populasinya. Singapura juga telah meloloskan aturan pelarangan di ruang publik dan privat.

Di sisi lain, China secara resmi mencabut larangan perjalanan ke kota Wuhan - di mana virus Corona strain baru ini dilaporkan mewabah pertama kali - mulai Rabu, yang mengakhiri lockdown kota tersebut sejak 23 Januari.

TIM RISET CNBC INDONESIA

(ags/ags)

Let's block ads! (Why?)



"bursa" - Google Berita
April 08, 2020 at 03:11PM
https://ift.tt/39UpNBy

Optimisme Pudar, Bursa Eropa Dibuka Melemah - CNBC Indonesia
"bursa" - Google Berita
https://ift.tt/2Nd6yfP

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Optimisme Pudar, Bursa Eropa Dibuka Melemah - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.