Search

Bursa Saham Asia Dibuka Memerah - Investor Daily

JAKARTA, Investor.id - Bursa saham Asia dibuka memerah, mengikuti anjloknya indeks utama saham di Wall Street yang turun lebih dari 4%. Kekhawatiran investor terhadap dampak ekonomi yang disebabkan oleh penyebaran virus corona (Covid-19) masih menjadi faktor utama penurunan indeks.

Pada Kamis (2/4/2020), indeks Nikkei 225 dibuka turun 1,7%. Setali tiga uang, bursa saham di Korea Selatan Kospi juga ikut turun 0,94%, Shanghai turun 0,52%, dan Australia  S&P/ASX turun 2,89%.

Semua investor khawatir terhadap penyebaran Covid-19 dan dampak ekonomi yang ditimbulkannya. Rodrigo Catril, ahli strategi senior FX di NAB, mempertanyakan apakah semua stimulus akan cukup untuk membantu ekonomi global menahan goncangan. "Ini adalah hal besar yang tidak diketahui dan itu menunjukkan pasar cenderung dibayangi ketidakpastian,” katanya seperti dikutip Reuters.com

Menurut dia, penyebaran Covid-19 secara eksponensial yang menyebabkan banyak negara menutup diri (lockdown) telah membawa dampak ekonomi sangat besar. Dan tak seorang pun tahu seberapa besar kerugian ekonomi yang ditimbulkannya.

Bank-bank sentral di berbagai negara telah melakukan upaya habis-habisan untuk meningkatkan aktivitas dengan penurunan suku bunga, serta kampanye pembelian aset besar-besaran. Langkah itu diakui telah mengurangi ketegangan likuiditas di pasar.

Sebelumnya, tiga indeks utama di pasar Wall Street ditutup anjlok lebih dari 4% pada Rabu (Kamis pagi WIB). Indeks Dow Jones Industrial Average merosot 973,65 poin atau 4,44% menjadi 20.943,51. Indeks S&P 500 jatuh 114,09 poin atau 4,41% menjadi 2.470,50. Indeks Komposit Nasdaq terperosok 339,52 poin atau 4,41% menjadi 7.360,58.

Presiden Donald Trump mengatakan Selasa malam, bahwa AS harus mempersiapkan "dua minggu yang sangat, sangat menyakitkan" dari corona virus yang merajalela. Pejabat Gedung Putih memproyeksikan antara 100.000 dan 240.000 kematian akibat virus di AS.

"Ini akan menjadi periode dua minggu yang menyakitkan," kata Trump pada konferensi pers Gedung Putih. "Ketika Anda melihat pada malam hari jenis kematian yang disebabkan oleh musuh yang tak terlihat ini, itu luar biasa."

Sumber : Investor Daily

Berita Terkait

Let's block ads! (Why?)



"bursa" - Google Berita
April 02, 2020 at 08:46AM
https://ift.tt/2X8bQNX

Bursa Saham Asia Dibuka Memerah - Investor Daily
"bursa" - Google Berita
https://ift.tt/2Nd6yfP

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bursa Saham Asia Dibuka Memerah - Investor Daily"

Post a Comment

Powered by Blogger.