Search

Uni Eropa Tutup Perbatasan Atasi Corona, Bursa Eropa Membara - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Kecemasan pasar seputar penyebaran virus corona masih belum reda dan masih menyergap psikologi pelaku pasar di Eropa. Bursa di Benua Biru berdarah-darah dan terkoreksi rata-rata 5% pada pukul 18:30 WIB.

Koreksi dipimpin oleh diikuti bursa Jerman yang tertekan 5,6%, diikuti oleh indeks CAC Prancis yang ambruk 5,5% dan indeks FTSE Inggris yang anjlok 5,2%. Indeks STOXX600 yang berisikan saham unggulan di benua tersebut itu tertekan 4,8%.

Kekhawatiran pelaku pasar atas efek corona ke perekonomian cukup beralasan karena para pimpinan Uni Eropa setuju untuk menutup perbatasan-perbatasan terluar di kawasan tersebut selama 30 hari. Penutupan perbatasan kian mempersulit arus barang dan orang sehingga memicu kekhawatiran akan dampak negatifnya terhadap perekonomian.

Sejauh ini 26 anggota Uni Eropa sudah sepakat, sedangkan Irlandia belum memutuskan akan bergabung ataukah tidak. Inggris juga secara resmi tidak menyatakan akan mengikuti keputusan tersebut karena sedang memproses keluar dari blok ekonomi itu.

Di sisi lain, otoritas bursa di kawasan tersebut juga sepakat untuk memperketat aturan mengenai short-selling. Transaksi ini memang memicu tekanan jual ke pasar karena investor menjual saham yang dipinjamnya di pasar dan membelinya kembali pada harga lebih murah ke depannya.

Otoritas Bursa dan Surat Berharga Eropa (European Securities and Markets Authority/ESMA) pada Selasa telah menyerukan peningkatan transparansi posisi short dengan mengecilkan batasan nilai short-selling yang harus diinformasikan.

"ESMA menilai kondisi sekarang menimbulkan ancaman serius terhadap keyakinan pasar di Uni Eropa, dan aturan yang diajukan sesuai dan proporsional untuk mengatasi tingkat ancaman saat ini terhadap pasar keuangan Uni Eropa," tulis ESMA dalam pernyataan resminya, sebagaimana dikutip CNBC International.

TIM RISET CNBC INDONESIA

(ags/ags)

Let's block ads! (Why?)



"bursa" - Google Berita
March 18, 2020 at 06:47PM
https://ift.tt/2IWA4Cm

Uni Eropa Tutup Perbatasan Atasi Corona, Bursa Eropa Membara - CNBC Indonesia
"bursa" - Google Berita
https://ift.tt/2Nd6yfP

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Uni Eropa Tutup Perbatasan Atasi Corona, Bursa Eropa Membara - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.