Search

Ditutup Hijau, Bursa Jepang & Australia Keluar dari Tekanan - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa saham Jepang dan Australia akhirnya ditutup di zona hijau dan berhasil keluar dari tekanan dampak wabah virus corona atau Covid-19 yang menyebabkan kejatuhan dalam Wall Street dini hari tadi.

Indeks Nikkei 225, ditutup menguat 0,06% menjadi 17.011,53, setelah sempat terkoreksi lebih dari 3% pada saat pembukaan perdagangan. Indeks Topix yang lebih luas melonjak 2,60% atau naik 32,12 poin, menjadi 1.268,46.

Saat pembukaan bursa saham Tokyo dibuka melemah tajam, memperpanjang kejatuhan global karena penurunan suku bunga dan langkah-langkah stimulus baru oleh bank sentral dan pemerintah gagal meredam kekhawatiran atas pandemi coronavirus.


Saham Wall Street mengalami hari terburuk sejak 1987 pada Senin ketika Presiden AS Donald Trump mengakui ekonomi terbesar di dunia itu "mungkin" menuju resesi.

"Tetapi investor mulai beli pada saat koreksi setelah koreksi dalam beberapa waktu ini," kata Shinichi Yamamoto, pialang di Okasan Securities di Tokyo, seperti dikutip dari AFP.

"Harapan dari langkah-langkah Bank of Jepang untuk mendukung pasar saham juga mendorong pemain untuk membeli kembali."

Pada hari Senin, bank sentral Jepang atau BoJ mengatakan akan menggandakan kapasitas tahunannya untuk membeli instrumen yang diperdagangkan di bursa dan dana investasi real estat Jepang.


Sementara itu, dari Australia bursa sahamnya ditutup melonjak 5,83%. Setelah kemarin, indek ASX 200 anjlok 9,7%. Koreksi kemarin merupakan penurunan terbesar yang pernah ada, karena kekhawatiran akan dampak ekonomi dari coronavirus yang menekan pasar di seluruh dunia.

Tetapi pada hari Selasa, indeks melonjak 291,4 poin menjadi 5.293,4, yang menurut para analis adalah kenaikan persentase satu hari terbesar dalam dua dekade.

Saham dari ritel toko bahan makanan yang didukung oleh pembelian staples massal yang dipicu pandemi banyak diburu investor. Dimana saham Metcash naik 27% dan Woolworths hampir naik 10%.

Saham bank juga naik, dimana saham Commonwealth Bank naik 13,3%, ANZ naik 11,9% dan Westpac bertambah 8%.

Para analis mencatat bahwa reli pada ASX yang terlambat bertepatan dengan lompatan tajam pada futures AS yang menunjukkan kenaikan kuat di Wall Street.

[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)

Let's block ads! (Why?)



"bursa" - Google Berita
March 17, 2020 at 02:34PM
https://ift.tt/33vQBGY

Ditutup Hijau, Bursa Jepang & Australia Keluar dari Tekanan - CNBC Indonesia
"bursa" - Google Berita
https://ift.tt/2Nd6yfP

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ditutup Hijau, Bursa Jepang & Australia Keluar dari Tekanan - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.