Search

Good Bye 4.000, Bursa RI Anomali Saat Asia Hijau - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah anomali terjadi pada hari perdagangan perdagangan terakhir pekan ini. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka anjlok dan bergerak di zona merah, ketika mayoritas bursa saham kawasan Asia lain menghijau.

IHSG dibuka langsung anjlok lebih dari 1% di awal perdagangan. Tiga menit setelah pembukaan, IHSG telah anjlok 3% dan keluar level psikologi 4.000. IHSG telah terjun bebas ke posisinya di tujuh tahun lalu. IHSG terbenam di zona pesakitan lagi.

Sebenarnya bursa saham kawasan Asia lainnya juga sama, masih berada di zona pesakitan alias anjlok dalam sejak awal tahun. Namun ada keanehan hari ini. IHSG harus ditinggal sendirian di zona merah ketika bursa saham Benua Kuning lainnya bergeliat.


Pada pukul 09.18 WIB, bahkan IHSG sudah terkoreksi 4% dan mendekati batas bawah koreksi sebelum terkena trading halt. Ketika IHSG anjlok di bawah 5% maka perdagangan akan disetop selama 30 menit.

Berikut ini adalah pergerakan bursa saham Asia Pasifik pada perdagangan pagi ini :

ASX 200 (Australia) +4,19%

CN SSE Composite Indeks (China) +1,13%

HK Hang Seng (Hong Kong) +3,47%

JP Topix Indeks (Jepang) +0,97%

MY FTSE Bursa KLCI (Malaysia) +1,68%

PH PSEI (Filipina) +4,28%

SG Straits Times (Singapura) +1,53%

KR KOSPI (Korea Selatan) +3,96%

TW Weighted Index (Taiwan) +4,65%.

IHSG seolah ditinggal jauh oleh kawanannya. Bahkan IHSG harus jauh tertinggal dari bursa saham Filipina yang nasibnya hampir mirip dengan bursa saham RI. Hingga pukul 09.24 WIB, transaksi yang tercatat mencapai Rp 1,28 T dengan asing mencatatkan net sell Rp 99,2 miliar.

Investor masih merasakan ketakutan yang amat dalam akan wabah COVID-19 yang merebak di Indonesia. Per kemarin saja, jumlah korban sudah mencapai angka 309 orang. Sebanyak 25 orang meninggal akibat terinfeksi COVID-19. Realita ini menunjukkan bahwa tingkat mortalitas di RI merupakan termasuk yang tertinggi di kawasan Asia Tenggara.

Jika hari ini IHSG kembali ditutup di zona merah, maka sah sudah bahwa pekan ini adalah pekan kelabu untuk indeks bursa saham tanah air kita.

[Gambas:Video CNBC]

TIM RISET CNBC INDONESIA (twg/hps)

Let's block ads! (Why?)



"bursa" - Google Berita
March 20, 2020 at 09:33AM
https://ift.tt/2Qwm3zD

Good Bye 4.000, Bursa RI Anomali Saat Asia Hijau - CNBC Indonesia
"bursa" - Google Berita
https://ift.tt/2Nd6yfP

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Good Bye 4.000, Bursa RI Anomali Saat Asia Hijau - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.