Search

Dow Futures Memerah, Angin Koreksi Siap Menerpa Bursa AS - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Kontrak berjangka bursa saham Amerika Serikat (AS) mengindikasikan bahwa bursa Negara Adidaya tersebut bakal kembali anjlok pada pembukaan perdagangan Kamis (19/3/2020).

Pada pukul 08:00 waktu setempat (19:00 WIB), Dow Jones Industrial Average futures anjlok lebih dari 500 poin, mengimplikasikan koreksi sebesar 400 poin. Indeks S&P 500 futures dan Nasdaq 100 futures juga anjlok.

"Pasar jelas dalam kondisi panik dan terpaksa kena aksi jual - tetapi risiko penguatan masih ada dan ini seharusnya menjadi lebih jelas setelah problem solvensi teratasi," tutur Adam Crisafulli, pendiri Vital Knowledge, dalam laporan risetnya, sebagaimana dikutip CNBC International.

Pelaku pasar malam ini juga memantau rilis klaim asuransi pengangguran AS pada pukul 08:30 waktu setempat, untuk mengukur sejauh mana wabah corona memukul ekonomi AS.

Setelah menguat sebesar 6% pada Selasa, indeks Dow Jones anjlok 1.338,46 poin, atau 6,3% kemarin, menembus level psikologis 20.000 yang terakhir dicetak pada Februari 2017.

Volatilitas juga terjadi pada pasar obligasi pemerintah AS yang imbal hasilnya (yield) kemarin turun 22 basis poin (bps) setelah sehari sebelumnya menguat 30 bps. Yield yang turun menandakan harganya di pasar sekunder meningkat karena diburu investor.

Pada Rabu, European Central Bank (ECB) mengumumkan "Program Pembelian Darurat Pandemik" melibatkan dana sebesar 750 miliar euro (US$ 819 miliar) untuk membantu mendongkrak perekonomian Benua Biru. Program ini akan berlangsung hingga akhir 2020.

Langkah ECB ini mengikuti inisiatif Federal Reserve, bank sentral AS, yang awal bulan ini menyuntikkan dana US$ 1 triliun ke perekonomian AS melalui pembelian aset dan memangkas bunga acuan menjadi nol persen.

Penyebaran virus corona telah memaksa bursa saham New York pada Rabu kemarin menutup sementara lantai bursa fisiknya, dan beralih sepenuhnya menggunakan transaksi elektronik. Alasannya, dua orang terbukti positif COVID-19 pekan ini.

TIM RISET CNBC INDONESIA

(ags/ags)

Let's block ads! (Why?)



"bursa" - Google Berita
March 19, 2020 at 07:37PM
https://ift.tt/3b8pap5

Dow Futures Memerah, Angin Koreksi Siap Menerpa Bursa AS - CNBC Indonesia
"bursa" - Google Berita
https://ift.tt/2Nd6yfP

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dow Futures Memerah, Angin Koreksi Siap Menerpa Bursa AS - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.