Search

Isu AS-China 'Digoreng' Lagi, Bursa Saham Asia Melemah - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Mayoritas bursa saham utama kawasan Asia menutup perdagangan kedua di pekan ini, Selasa (26/11/2019), di zona merah.

Pada penutupan perdagangan, indeks Hang Seng turun 0,29%, indeks Straits Times terkoreksi 0,4%, dan indeks Kospi melemah 0,1%. Sementara itu, indeks Nikkei naik 0,35% dan indeks Shanghai menguat tipis 0,03%.

Bursa saham Benua Kuning melemah kala hubungan AS-China di bidang perdagangan semakin mesra saja. Kementerian Perdagangan China mengumumkan bahwa negosiator dagang dari AS dan China menggelar pembicaraan via sambungan telepon pada pagi hari ini waktu setempat.


Delegasi AS diwakili oleh Menteri Keuangan Steven Mnuchin dan Kepala Perwakilan Dagang Robert Lighthizer, sementara Wakil Perdana Menteri China Liu He menjadi perwakilan dari pihak China.
Kementerian Perdagangan China menyebut bahwa kedua belah pihak mendiskusikan permasalahan-permasalahan inti di bidang perdagangan. Kedua belah pihak disebut oleh Beijing setuju untuk tetap berkomunikasi guna menyegel kesepakatan dagang tahap satu.
Isu AS-China 'Digoreng' Lagi, Bursa Saham Asia MelemahFoto: Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer menunggu untuk menyambut Wakil Perdana Menteri Tiongkok Liu He di luar kantor Perwakilan Dagang AS di Washington, AS, (9/5/2019). (REUTERS / James Lawler Duggan)

"Kedua pihak berdiskusi guna menyelesaikan permasalahan-permasalahan inti yang ada, mencapai konsensus terkait cara yang akan digunakan guna menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut, serta setuju untuk tetap berkomunikasi terkait dengan permasalahan-permasalahan yang masih tersisa supaya kesepakatan dagang tahap satu bisa diteken," tulis Kementerian Perdagangan China dalam pernyataan resmi yang dipublikasikan pada pagi hari ini waktu setempat, Selasa (26/11/2019).

Lantas, perkembangan ini melengkapi pemberitaan terkait dengan perang dagang AS-China sebelumnya yang juga positif. Dalam publikasi yang dirilis pada akhir pekan kemarin, China mengumumkan bahwa pihaknya akan menaikkan besaran denda bagi pihak-pihak yang melakukan pelanggaran di bidang hak kekayaan intelektual, seperti dilansir dari CNBC International.

Seperti yang diketahui, pelanggaran dalam hal hak kekayaan intelektual merupakan salah satu faktor dibalik meletusnya perang dagang AS-China. Sebelumnya, China bersikukuh supaya AS tak mengutak-atik masalah ini dan fokus terhadap masalah yang menurut mereka lebih mudah untuk dibenahi yakni defisit neraca dagang AS dengan China.


Lantas, melunaknya China di bidang hak kekayaan intelektual dengan membebankan denda yang lebih tinggi bagi sang pelanggar menunjukkan bahwa Beijing semakin membuka diri untuk meneken kesepakatan dagang tahap satu dengan AS.

Aksi ambil untung tampak menjadi faktor yang memantik aksi jual di bursa saham Benua Kuning. Maklum, apresiasi yang dibukukan oleh bursa saham Benua Kuning terbilang sudah besar sehingga membuat pelaku pasar tergiur untuk merealisasikan keuntungan yang sudah diraup.

Indeks Hang Seng misalnya, sudah menghijau dalam dua hari perdagangan sebelumnya. Jika ditotal, apresiasi dalam periode dua hari tersebut sudah mencapai 1,99%. Kemudian, indeks Kospi juga sudah menghijau dalam dua hari perdagangan sebelumnya dengan total apresiasi sebesar 1,28%.

TIM RISET CNBC INDONESIA

(ank/tas)

Let's block ads! (Why?)



"bursa" - Google Berita
November 26, 2019 at 05:11PM
https://ift.tt/2XRHPQz

Isu AS-China 'Digoreng' Lagi, Bursa Saham Asia Melemah - CNBC Indonesia
"bursa" - Google Berita
https://ift.tt/2Nd6yfP

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Isu AS-China 'Digoreng' Lagi, Bursa Saham Asia Melemah - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.