Search

IHSG Merah Imbas Corona, Bursa Efek Indonesia Tangguhkan Penerbitan Short Selling - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Bursa Efek Indonesia atau BEI menangguhkan penerbitan transaksi short selling untuk menjaga stabilitas pasar modal akibat mewabahnya virus corona Covid-19. Upaya ini dilakukan setelah indeks harga saham atau IHSG terus melorot hingga -13,44 persen atau menjadi 5.452,704 sejak perdagangan awal tahun hingga penutupan pada Februari 2020.

"Kami punya tools itu untuk kami terapkan. Cuma, kami memang sangat hati-hati," ujar Direktur Utama BEI Inarno Djajadi di kantornya, Senin, 2 Maret 2020.

Dengan begitu, BEI tidak akan memproses permohonan anggota yang telah mengajukan transaksi sebelumnya. Inarno mengatakan penangguhan perdagangan efek yang ditransaksikan secara short selling ini dilakukan hingga batas waktu yang belum ditetapkan.

Ia melanjutkan, di tengah sentimen yang menyelimuti investor, investor di pasar keuangan diminta melakukan investasi berdasarkan analisis yang mendalam. "Bursa akan berupaya memperkuat peran anggota bursa melalui penguatan pengawasan pasar, penyediaan produk pasar, dan pengaturan perdagangan yang kondusif," tuturnya.

Berdasarkan catatan BEI, penurunan perdagangan pada periode yang sama turut diikuti oleh negara-negara lain. Selain Indonesia, beberapa negara besar yang mengalami penurunan IHSG dengan minus cukup dalam ialah Thailand yang mencapai -15,03 persen, Filipina -13,15 persen, dan Vietnam -8,2 persen.
Selanjutnya, Malaysia -6,68 persen dan Singapura -6,57 persen.

Sedangkan penurunan IHSG di dua pekan terakhir Februari tercatat menjadi penyumbang penurunan indeks pada bursa utama dunia dan ASEAN. Pada dua pekan terakhir bulan lalu, IHSG Indonesia turun -7,3 persen.

Adapun pada perdagangan Senin, 2 Maret 2020 sesi I, IHSG belum beranjak membaik. IHSG pagi ini turun 1,02 persen atau 55,39 poin menjadi 5.397,31.

FRANCISCA CHRISTY ROSANA | BISNIS

Let's block ads! (Why?)



"bursa" - Google Berita
March 02, 2020 at 03:00PM
https://ift.tt/2wh0OdQ

IHSG Merah Imbas Corona, Bursa Efek Indonesia Tangguhkan Penerbitan Short Selling - Tempo
"bursa" - Google Berita
https://ift.tt/2Nd6yfP

Bagikan Berita Ini

0 Response to "IHSG Merah Imbas Corona, Bursa Efek Indonesia Tangguhkan Penerbitan Short Selling - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.