Search

Bursa AS Berpeluang Tertekan, Pangkas Reli Empat Hari - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa saham Amerika Serikat (AS) berpeluang tertekan pada perdagangan Jumat (7/2/2020) menghapus penguatan dalam empat hari terakhir, tatkala investor tengah menanti rilis data tenaga kerja AS.

Pada pukul 07:10 waktu setempat (20:00 WIB), harga kontrak berjangka (futures) Dow Jones anjlok 105 poin, mengindikasikan koreksi sebesar 120 poin pada pembukaan. Kontrak berjangka S&P 500 dan Nasdaq 100 juga tercatat turun.

Ekonom dalam polling Dow Jones memperkirakan AS membuka lapangan kerja baru sebanyak 158.000 posisi pada Januari, sedangkan angka pengangguran flat di kisaran 3,5%. Data resmi akan dirilis tepat berbarengan dengan pembukaan pasar.

Penguatan di bursa AS baru-baru ini bakal terhenti karena kekhawatiran seputar peluang ambruknya ekonomi China akibat penyebaran virus corona strain baru. Komisi Kesehatan Nasional China pada Jumat mengonfirmasi 31.131 penderita virus Wuhan tersebut, dengan 636 orang meninggal.

Presiden AS Donald Trump pada Jumat mengirim cuitan di Twitter mengomentari penanganan wabah corona, menyatakan bahwa Presiden China Xi Jinping "berfokus memimpin serangan balik terhadap virus corona."

Wall Street menguat tajam sepanjang pekan ini memasuki Jumat menyusul positifnya data ekonomi dan kinerja emiten AS yang mengalahkan sentimen negatif seputar dampak virus corona. Indeks S&P 500 naik 3,7% sepanjang pekan dan mengarah pada kinerja mingguan terbaik sejak Juni. Dow Jones melompat 4% sepekan, sedangkan Nasdaq naik 4,6%.

Pasar juga menyambut positif atas keputusan Beijing memangkas tarif terhadap produk AS senilai tota US$ 75 miliar. Dalam pernyataan resminya, Kementerian Keuangan China menyebutkan bahwa kebijakan yang efektif pada 14 Februari ini ditujukan untuk "menunjang perkembangan yang stabil dan sehat" dalam perdagangan kedua negara.

TIM RISET CNBC INDONESIA

(ags/ags)

Let's block ads! (Why?)



"bursa" - Google Berita
February 07, 2020 at 08:37PM
https://ift.tt/387QNO9

Bursa AS Berpeluang Tertekan, Pangkas Reli Empat Hari - CNBC Indonesia
"bursa" - Google Berita
https://ift.tt/2Nd6yfP

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bursa AS Berpeluang Tertekan, Pangkas Reli Empat Hari - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.