Search

Bursa Saham Asia Berpesta, IHSG Merana - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah sepanjang pekan ini. Sayang sekali, karena mayoritas indeks saham utama Asia mampu menguat.

Sepanjang pekan ini, IHSG melemah 2,21% secara point-to-point. Pada penutupan perdagangan akhir pekan, IHSG menyentuh titik terlemah sejak 17 Mei tahun lalu.


Sementara indeks saham Asia lainnya malah mampu menguat. Selain IHSG, hanya Topix (Jepang), PSEI (Filipina), dan SET (Thailand) yang melemah. PSEI menjadi yang terlemah di Asia pekan ini, dan IHSG tepat di atasnya.

Berikut pergerakan indeks saham utama Asia sepanjang minggu ini:

Seperti pekan-pekan sebelumnya, aktivitas perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) masih belum semarak. Nilai rata-rata transaksi harian sepanjang pekan ini adalah Rp 6,22 triliun. Turun dibandingkan pekan sebelumnya yaitu Rp 6,87 triliun.

Sulit dipungkiri bahwa kemungkinan pasar saham domestik masih melakukan penyesuaian (adjustment) karena aksi 'bersih-bersih' yang sedang dilakukan regulator dan aparat penegak hukum. Asosiasi Pelaku Reksa Dana dan Investasi Indonesia (APRDI) mengakui banyak Manajer Investasi yang agresif dalam berinvestasi. Saat ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sedang melakukan bersih-bersih untuk mengembalikan industri reksa dana yang sehat.


"Memang kita akui, ada beberapa reksa dana yang pengelolaannya cukup sangat agresif, sehingga tidak melakukan kepatuhan dan risiko manajemen yang baik. Investor kita minta jangan percaya dengan janji imbal hasil, harus lebih teliti," tegas Mauldy Rauf Makmur, Direktur Eksekutif APRDI kala berbincang dengan CNBC Indonesia belum lama ini.

Pada akhirnya, upaya perbaikan diharapkan membuat pasar modal Indonesia lebih kuat, stabil, dan mencerminkan fundamentalnya. Ini adalah pasar modal yang sehat, yang memberikan keuntungan wajar kepada investor.

[Gambas:Video CNBC]

Let's block ads! (Why?)



"bursa" - Google Berita
February 15, 2020 at 08:18AM
https://ift.tt/31W6ndf

Bursa Saham Asia Berpesta, IHSG Merana - CNBC Indonesia
"bursa" - Google Berita
https://ift.tt/2Nd6yfP

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bursa Saham Asia Berpesta, IHSG Merana - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.