Search

Bursa Asia Merah, Indeks Hang Seng dan Shanghai Kok Menguat? - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa saham China dan Hong Kong bergerak menguat pagi ini, meski para tetangganya menapaki jalur merah. Stimulus baru dari bank sentral China (PBoC) sepertinya mendapat respons positif dari pelaku pasar.

Pada Senin (17/2/2020) pukul 08:56 WIB, indeks Shanghai Composite naik 0,73% ke 2.938,39. Sementara indeks Hang Seng bertambah 0,29% menjadi 27.895,33.

Indeks saham utama Asia lainnya masih merah, seperti Topix (Jepang) yang turun 0,95% ke 1.686,73. Kemudian Straits Times berkurang 0,13% menjadi 3.215,78. Namun koreksi dua indeks ini sudah berkurang dibandingkan beberapa saat lalu.


Kabar gembira datang dari China. Pagi ini, PBoC mengumumkan penurunan suku bunga Medium-term Lending Facility (MLF) tenor setahun dari 3,25% menjadi 3,15%.

Penurunan ini akan 'mengguyur' likuiditas ke perekonomian China. Sebuah langkah yang memang sangat dibutuhkan karena Negeri Tirai Bambu sedang menghadapi masalah serius yaitu penyebaran virus Corona.

Mengutip data satelit pemetaan ArcGis per pukul 08:53 WIB, jumlah kasus Corona di seluruh dunia sudah mencapai 71.325 di mana 70.545 ada di China. Sementara korban jiwa tercatat 1.775 orang, empat datang dari luar China.


Penyebaran virus Corona yang begitu masif membuat aktivitas ekonomi China terganggu. Setelah libur Tahun Baru Imlek, roda perekonomian China belum bergulir normal karena dihantui virus mematikan.

Oleh karena itu, PBoC agresif dalam menyuntikkan stimulus. Penurunan MLF hari ini diyakini pelaku pasar sebagai pembuka jalan pemangkasan Loan Prime Rate (LPF) yang akan diumumkan Kamis pekan ini.

Selain itu, PBoC juga terus menggelontorkan likuiditas dengan operasi reverse repo. Hari ini, nilai operasi tersebut mencapai CNY 100 miliar (Rp 196,04 triliun dengan kurs sekarang).

Stimulus dari PBoC tersebut diharapkan dapat menjadi pelumas bagi mesin pertumbuhan ekonomi di China. Dengan begitu, ekonomi China bisa mendarat dengan mulus, tidak ada hard landing meski melambat.

Investor juga berharap uang dari PBoC bisa merembes ke pasar. Likuiditas yang berlebih akan pada akhirnya akan mendorong keberanian investor untuk masuk ke aset-aset berisiko seperti saham.

TIM RISET CNBC INDONESIA

(aji/aji)

Let's block ads! (Why?)



"bursa" - Google Berita
February 17, 2020 at 09:13AM
https://ift.tt/37AiQ7w

Bursa Asia Merah, Indeks Hang Seng dan Shanghai Kok Menguat? - CNBC Indonesia
"bursa" - Google Berita
https://ift.tt/2Nd6yfP

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bursa Asia Merah, Indeks Hang Seng dan Shanghai Kok Menguat? - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.