Search

Transaksi Afiliasi Bikin Saham INDF & ICBP 'Keok' di Bursa - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Dua saham milik Grup Salim, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) dan induk usahanya PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) anjlok di tengah proses penjajakan akuisisi perusahaan yang mempunyai hubungan afiliasi.

Belum dijelaskan pada harga berapa perusahaan akan membeli perusahaan yang mendapatkan lisensi dari ICBP tersebut. Namun, reaksi pasar telah negatif terlebih dahulu.

"Market menyikapi secara negatif, kemungkinan ini dinilai sebagai transaksi afiliasi secara ICBP sudah memiliki 51% saham Pinehill Corpora" tutur Liza Camelia, analis Henan Putihrai Sekuritas dalam acara Closing Bell CNBC Indonesia TV.


Mengacu 
pada data Bursa Efek Indonesia (BEI) Rabu kemarin (12/2/2020), saham INDF ditutup amblas 675 poin atau  8,79% pada level Rp 7.000/saham & ICBP anjlok 725 poin atau 6,32% di level Rp 10.750/saham.

Saham INDF diperdagangkan sebanyak 25,89 juta unit senilai Rp 183,8 miliar dan investor asing membukukan jual bersih di pasar reguler senilai Rp 66,53 miliar. Sedangkan saham ICBP diperdagangkan lebih ramai sebanyak 38,7 juta unit senilai Rp 417 miliar dengan catatan jual asing Rp 14,6 miliar.


Melalui keterbukaan informasi perusahaan yang disampaikan pihak bursa pada hari Selasa (11/2/2020), ICBP sudah memberikan tanggapan kepada Pinehill dan Steele Lake Limited, perusahaan terafiliasi ICBP yang didirikan berdasarkan hukum negara British Virgin Island.

Pinehill memiliki usaha yang bergerak di bidang industri pembuatan mi instan di Arab Saudi, Nigeria, Turki, Mesir, Kenya, Maroko, dan Serbia, dengan menggunakan merak "Indomie" berdasarkan perjanjian lisensi dengan Indofood Sukses Makmur, induk usaha ICBP.

"Untuk menjajaki penawaran tersebut, perseroan akan melakukan uji kelayakan (due diligence) atas Grup Pinehill sebelum memutuskan apakah akan menerima penawaran tersebut atau tidak," kata Gideon A Putro, Sekretaris Perusahaan ICBP, dalam keterbukaan informasi, dikutip Rabu (12/2/2020).

[Gambas:Video CNBC]

(yam/tas)

Let's block ads! (Why?)



"bursa" - Google Berita
February 13, 2020 at 08:14AM
https://ift.tt/2tWNE4S

Transaksi Afiliasi Bikin Saham INDF & ICBP 'Keok' di Bursa - CNBC Indonesia
"bursa" - Google Berita
https://ift.tt/2Nd6yfP

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Transaksi Afiliasi Bikin Saham INDF & ICBP 'Keok' di Bursa - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.