Search

Bos BEI: RI Punya Kantor Perwakilan Bursa Terbanyak di Dunia - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa Efek Indonesia (BEI) menyampaikan Indonesia merupakan negara yang memiliki kantor perwakilan terbanyak dunia. Hal tersebut disampaikan Direktur Utama BEI Inarno Djajadi di hadapan anggota Komisi XI Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) membahas kinerja industri pasar modal.

Saat ini, katanya, BEI memiliki 30 kantor perwakilan di seluruh provinsi di Indonesia, "mungkin kita adalah salah satu satu-satunya yang mempunyai kantor perwakilan [terbanyak] di dunia, saya belum pernah dengar kecuali Singapura," kata Inarno di Gedung DPR, Senin (10/2/2019).

"Negara kita adalah negara kita memiliki mungkin yang terbanyak kantor perwakilan di samping itu kita juga memiliki 464 galeri investasi di mana mayoritas adalah kerja sama dengan universitas dan 448 komunitas investor," katanya.


Dalam rapat dengan Komisi XI DPR, BEI memaparkan bagaimana pengawasan yang dilakukan otoritas bursa dalam menjaga pasar modal agar teratur, wajar, dan efisien.

Inarno menjelaskan, menurut UU Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal, Pasal 7 ayat 1, Bursa Efek didirikan dengan tujuan menyelenggarakan perdagangan efek yang teratur dan efisien.

"Kami juga sudah menyiapkan sistem elektronik yang kita sebut electronic registration, lebih konsentrasi kepada Bursa Efek Indonesia permohonan pencatatan itu secara elektronik," kata Inarno di Gedung Parlemen, Senin siang (10/2).

BEI memiliki beberapa mekanisme pengawasan di antaranya permintaan penjelasan kepada perusahaan tercatat (emiten). Mekanisme kedua yakni BEI bisa memanggil secara resmi perusahaan tercatat untuk mendengarkan penjelasan perusahaan terkait. Lalu BEI juga punya mekanisme pengawasan khusus terhadap saham-saham yang bergerak di luar kebiasaan (unusual market activity/UMA).


Adapun terhadap efek tercatat, ada juga mekanisme suspensi. "Ada juga public expose insidentil dan yang lebih dalam lagi kita masuk ke dalam pemeriksaan kepada anggota bursa ini semua pengawasan terhadap aktivitas perdagangan dan pencatatan tidak bertujuan untuk memberikan informasi dan [ini] melindungi investor," jelas Inarno.

[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)

Let's block ads! (Why?)



"bursa" - Google Berita
February 10, 2020 at 12:22PM
https://ift.tt/38eNiFA

Bos BEI: RI Punya Kantor Perwakilan Bursa Terbanyak di Dunia - CNBC Indonesia
"bursa" - Google Berita
https://ift.tt/2Nd6yfP

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bos BEI: RI Punya Kantor Perwakilan Bursa Terbanyak di Dunia - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.