Search

Gelora Asmara AS-China, Bursa China Semringah - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa saham utama Negeri Tirai Bambu kompak dibuka menguat pada perdagangan hari ini, Senin (14/10/2019) menyambut hasil positif dialog dagang Amerika Serikat (AS) dan China yang berlangsung pekan lalu di Washington.

Data perdagangan menunjukkan, indeks Shanghai (SSEC) dibuka menguat 0,68% ke level 2.973,66 poin, sedangkan indeks Hang Seng (HIS) memulai hari dengan naik 0,81% menjadi 26.520,93 poin.

Negosiasi dagang antara AS dan China yang berlangsung pada 10-11 Oktober pekan lalu berakhir mulus dengan dicapainya kesepakatan dalam beberapa hal.


Informasi tersebut diamini oleh Presiden AS Donald Trump yang mengatakan bahwa kedua negara telah mencapai "kesepakatan fase satu yang sagat substansial" dan detil lebih rinci akan dirilis oleh pihak Gedung Putih dalam 3 minggu ke depan, dilansir dari CNBC International.
AS-China Capai Kesepakatan Fase Satu, Bursa China BergeliatFoto: Presiden AS Donald Trump berbicara dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He di Kantor Oval Gedung Putih di Washington, AS, 4 April 2019. REUTERS / Jonathan Ernst

Lebih lanjut, Trump menambahkan bahwa kesepakatan mencakup perjanjian China untuk membeli sejumlah produk pertanian AS, mata uang serta beberapa aspek perlindungan kekayaan intelektual.

Pihak Negeri Tiongkok juga mengamini bahwa pertemuan pekan lalu berjalan sangat baik dan mengarah ke resolusi.

Wakil Perdana Menteri China Liu menuturkan pembicaraan sudah membuat banyak kemajuan. "Kami senang tentang itu. Kami akan terus berupaya," ujarnya.

Selain itu pemberitaan dari media People Daily milik pemerintah, juga menyebut pembicaraan sudah sangat konstruktif, jujur dan efisien.


"Kedua pihak bergerak ke arah resolusi," tulis media itu.

Meskipun demikian, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin menekankan masih banyak tugas rumah yang belum diselesaikan.

"Saya pikir kami telah memiliki pemahaman yang fundamental terkait beberapa isu kunci. Kami sudah sampai pada hal-hal signifikan, tapi masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan," katanya.

"Kami tidak akan menandatangani perjanjian kecuali kami mendapat dan bisa mengatakan pada presiden kalau hal tersebut sudah ada di atas kertas,".

Pada hari ini investor akan mencermati rilis data neraca perdagangan China bulan September yang akan diumumkan pukul 09:30 WIB

TIM RISET CNBC INDONESIA

(dwa/tas)

Let's block ads! (Why?)



"bursa" - Google Berita
October 14, 2019 at 08:52AM
https://ift.tt/2OIemGb

Gelora Asmara AS-China, Bursa China Semringah - CNBC Indonesia
"bursa" - Google Berita
https://ift.tt/2Nd6yfP

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gelora Asmara AS-China, Bursa China Semringah - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.