Search

Jumlahnya 60.000, Pengusaha Menengah Disiapkan Masuk Bursa - detikFinance

Jakarta - Pemerintah mendorong pelaku usaha kelas menengah masuk pasar modal. Menurut Menteri Koperasi, Usaha, Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki ada sekitar 60.000 pelaku usaha kelas menengah.

"Dari total hampir 64 juta UMKM, yang menengah itu ada sekitar 60 ribuan, kecil 700 ribuan, sisanya paling banyak itu yang mikro. Yang mau kita dorong ke pasar modal itu yang menengah. Sehingga nanti perusahaan menengah sudah bisa mencari pembiayaan dari pasar modal, jadi jangan yang (usaha) besar saja yang bisa memanfaatkan pasar modal," ujar Teten di Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Senin (13/1/2020).

Sebagaimana diketahui, wacana UMKM masuk ke pasar bursa sendiri, pertama kalinya di sampaikan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam pembukaan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) per 2 Januari 2020 lalu. Meski diragukan banyak pihak, ia tetap optimistis dan yakin UMKM yang nantinya terdaftar di pasar modal mampu bersaing dengan saham-saham besar lainnya.

"Jadi sekarang sudah ada regulasi yanh memungkinkan itu (UMKM melandai di bursa) dan sudah ada perusahaan yang listing di bursa. Tapi karena masih baru, nanti kita lihat lagi lah. Tapi sebenarnya kalau dilihat lagi, sahamnya terus naik, stabil artinya kan perusahaan itu sehat," katanya.
Untuk mendorong lebih banyak lagi pelaku UMKM yang mendaftarkan usahanya di pasar modal, Teten berencana mendata ulang terkait usaha-usaha mana saja yang dianggap sudah mampu melandai di bursa.

"Sekarang dari kita, kementerian fokus menyiapkan mana yang sudah siap bisa masuk ke pasar modal, namun nanti yang punya otoritas untuk meloloskan yang bisa jual sahamnya atau oblibasi itu ya OJK," sambungnya.

Setelah itu, Teten berencana hendak mengkonsolidasikan beberapa UMKM yang menjual produk yang sama menjadi satu kesatuan.

"Saya sudah anjurkan kepada para Kepala Dinas di berbagai daerah supaya ada upaya mengkonsolidasi brand-brand produk UMKM agar jangan terlalu banyak. Sehingga, nanti UMKM itu bisa seperti usaha besar tidak hanya jual komoditinya tapi juga dari brand value," imbuhnya.

Simak Video "Warung Diharapkan Tak Cuma Jualan di Kampung, Tapi Berani e-Commerce"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)

Let's block ads! (Why?)



"bursa" - Google Berita
January 13, 2020 at 06:13PM
https://ift.tt/2NBBNzV

Jumlahnya 60.000, Pengusaha Menengah Disiapkan Masuk Bursa - detikFinance
"bursa" - Google Berita
https://ift.tt/2Nd6yfP

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jumlahnya 60.000, Pengusaha Menengah Disiapkan Masuk Bursa - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.