Search

Bursa Asia Tak Kompak Respons Pertemuan Deal Dagang AS-China - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa saham Asia pada perdagangan pagi ini masih cenderung bervariasi karena investor menunggu penandatanganan kesepakatan perdagangan fase pertama antara AS dan China.

Bursa saham Shanghai bergerak di zona merah terkoreksi 0,21%, bursa Hong Kong menguat 0,4%, lalu di Korea Selatan, Kospi naik tipis 0,12% dan bursa Singapura menguat 0,22%. Pasar Jepang tutup untuk liburan pada hari Senin.


Minggu ini Rabu (15/1/2020), Presiden AS Donald Trump dan pejabat China akan menandatangani kesepakatan perdagangan fase satu yang telah lama ditunggu-tunggu antara kedua negara. Kedua negara telah terlibat dalam sengketa perdagangan yang berlangsung hampir 2 tahun. 

Wakil Perdana Menteri China Liu He, yang memimpin tim negosiasi China dalam pembicaraan perdagangan, dijadwalkan akan mengunjungi Washington ini, kata kementerian perdagangan negara itu.


Kesepakatan itu akan melibatkan pengurangan tarif, peningkatan pembelian produk pertanian AS oleh China dan perubahan pada properti intelektual serta aturan teknologi.

Sementara itu, Washington dan Beijing telah sepakat untuk mengadakan perundingan setengah tahunan dalam menargetkan penyelesaian perselisihan dan mendorong reformasi, menurut laporan oleh Wall Street Journal, mengutip sumber-sumber.

"Detail utama akan menjadi waktu kemunduran yang diharapkan dalam tarif," kata Han Tan, analis pasar di FXTM.

"Penurunan hambatan perdagangan ini, lebih cepat daripada nanti, akan memberi ekonomi global lebih banyak waktu untuk pulih dan memberikan alasan bagi investor untuk menambah eksposur ke aset berisiko, termasuk yang ada di pasar negara berkembang."

Yuan Tiongkok melonjak ke level tertinggi lima bulan minggu lalu untuk mengantisipasi penandatanganan.

Di tempat berebeda, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen terpilih kembali dengan kemenangan besar atas pemilihan akhir pekan. Dia mengalahkan lawan utamanya Han Kuo-yu dari partai Kuomintang - yang mendukung hubungan dekat dengan China - dengan lebih dari 2,6 juta suara. Itu bisa memicu ketegangan lebih lanjut dengan China, yang telah berusaha membuat pulau itu menerima aturannya melalui ancaman dan bujukan ekonomi. (hps/hps)

Let's block ads! (Why?)



"bursa" - Google Berita
January 13, 2020 at 08:56AM
https://ift.tt/35LoO4S

Bursa Asia Tak Kompak Respons Pertemuan Deal Dagang AS-China - CNBC Indonesia
"bursa" - Google Berita
https://ift.tt/2Nd6yfP

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bursa Asia Tak Kompak Respons Pertemuan Deal Dagang AS-China - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.